Liburan ke theme park sudah biasa? Jalan-jalan di pusat perbelanjaan juga lama-lama jadi membosankan? Sudah waktunya sih ya, kamu cari spot lain yang bisa membuat liburanmu jadi makin mantap. Sesekali lirik tempat wisata yang jarang kamu kunjungi juga boleh banget, loh. Misalnya nih, wisata alam yang bisa mendekatkanmu dengan keindahan alam sekaligus menghapuskan segala penatmu. Salah satu spot yang bisa kamu coba untuk liburan kali ini yaitu Taman Nasional Bali Barat.

Hayo loh, pasti diantara kalian ada yang bahkan belum pernah tahu tempat yang satu ini, ya? Taman Nasional Bali Barat ini terletak di daerah barat Pulau Dewata. Hanya berjarak 2 kilometer dari pelabuhan Gilimanuk, kamu sudah bisa menikmati taman ini. Dengan luas yang mencapai 10% luas dari Pulau Bali, taman ini cukup besar untuk kamu kelilingi, nih. Taman ini bahkan sampai menempati dua kawasan, yaitu kabupaten Buleleng dan Jembrana, Bali.

Taman yang dikelola langsung oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan ini terdiri dari berbagai habitat hutan dan sabana. Di bagian tengah taman, terdapat sisa-sisa gunung berapi, dimana gunung Patas merupakan salah satu yang tertinggi diantara sisa lainnya. Di Taman yang sudah jelas tidak perlu diragukan keindahannya ini, kamu bisa menikmati beberapa fasilitas yang ada. Bagi kamu pecinta alam yang juga demen sama hewan, di Taman Nasional Bali Barat ini terdapat beberapa flora dan fauna yang bisa kamu nikmati.

Salah satunya, burung jalak Bali yang sudah hampir punah. Berbagai jenis jalak lain, burung lain, juga bisa kamu temui , kok. Kalau kamu lebih suka hewan darat, ada kijang, landak, trenggiling, bahkan kancil yang dipelihara di tempat ini. Mengamati hewan-hewan yang unik nan mungkin jarang kamu temui di tempat tinggalmu ini juga bisa jadi metode pembelajaran yang baik buat anak-anak, loh.

Taman Nasional Bali Barat ini bisa kamu kunjungi tiap hari mulai dari pukul 8 pagi sampai 6 malam. Untuk masuk ke dalam, tentunya dipatok tarif. Tarif untuk wisatawan lokal hanya sebesar Rp2.500,- saja, sementara untuk wisatawan asing, dipatok tarif sebesar Rp20.000,-. Tunggu apa lagi, nih? Buruan ajak keluarga, anak, istri, teman, dan siapapun yang ingin kamu ajak untuk menyempatkan mampir ke Taman Nasional Bali Barat.