Salah satu tindakan yang salah yang kerap kita lakukan terhadap sampah adalah membakarnya di ruangan terbuka dan bukan membuangnya ke dalam tempat sampah stainless .

Ya hal ini kadang memang menjadi suatu pilihan yang diambil masyarakat di perkampungan untuk menghilangkan sampah maka mereka membakarnya.

Padahal pada pembakaran tersebut, terdapat banyak sekali zat kimia berbahaya yang jika sampai terhirup maka sangat berbahaya bagi kesehatan.

Nah selain adanya zat kimia ketika dibakar, ternyata banyak juga bahaya lain yang bisa dihasilkan oleh sampah plastik. Apa saja ? ini dia :

  1. Sampah plastik sulit hancur

Ya memang apabila didiamkan, maka jelas sampah plastik akan sulit hancur. Dan kebanyakan sampah – sampah plastik terkubur di tanah. Apa yang terjadi jika terkubur di tanah?

Yang akan terjadi apabila sampah plastik terkubur di dalam tanah adalah akan mencemari air tanah, sehingga nantinya akan berbahaya ketika hewan, tumbuhan dan manusia mengkonsumsi air tanah tersebut.

  • Bisa mendatangkan bencana

Banjir adalah salah satu bencana yang pasti datang apabila sampah sering kali dibuang ke tempat yang bukan seharusnya.

Hal ini terjadi karena memang sampah plastik bisa menyumbat setiap lubang saluran air sehingga air tidak bisa mengalir dengan lancar ketika musim penghujan tiba.

Selanjutnya adalah apabila banjir benar terjadi dan banyak membawa sampah dalam banjir tersebut, jelas penyakit akan langsung menyerang banyak sekali masyarakat yang terdampak oleh banjir.

  • Bisa mengotori laut

Setiap sungai yang banyak sampahnya, pastiĀ  ujung – ujungnya sampah plastik tersebut akan sampai kelautan. Karena memang yang namanya sungai, ujungnya pasti akan mengalir ke laut.

Nah apabila hal ini terjadi, maka lautan juga akan ikut tercemar dan pada akhirnya akan membuat kerusakan baru yaitu kerusakan biota dan ekosistem laut.

Jika ekosistem lautan yang rusak, maka sudah pasti nantinya akan lebih sulit lagi penanganannya.

Maka dari itu, setiap tindakan kecil yang merusak lingkungan, pasti nantinya akan merambat juga kepada kerusakan lain.

Oleh karenanya, pastikan kita tidak menyepelekan sampah dan tetap menjaga lingkungan dengan baik.