Budidaya ikan lele biasanya dilakukan pada kolam tanah saja. Ternyata dengan menggunakan kolam terpal lebih menjadi pilihan.

Ikan lele merupakan ikan air tawar yang memiliki kandungan gizi tinggi dan harganya terjangkau. Tidak heran jika ikan yang memiki patil ini banyak di gemari oleh masyarakat.

Tidak hanya bergizi tinggi, ikan lele pun mudah dibudidayakan di rumah. Penasaran ingin tahu cara budidaya ikan lele? Yuk di simak uraiannya di bawah ini ya!

Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal

Berikut ini merupakan cara budidaya ikan lele dengan menggunakan terpal yang bisa dilakukan oleh pemula:

1.Media kolam

Langkah pertama budidaya ikan lele adalah menyiapkan medianya terlebih dahulu. Berupa kolam terpal. Berikut ini cara menyiapkan kolam ikan lele:

  • Bersihkan terlebih dahulu kolam terpal dengan sabun, bilas sampai bersih dan keringkan.
  • Bentangkan terpal sampai menyerupai kolam. Agar dapat berdiri tegak, terpal harus disanggah menggunakan besi.
  • Kemudian isi dengan air hingga mencapai 20-30 cm.
  • Diamkan air tersebut selama 7-10 hari agar terbentuk lumut dan fitoplankton. 10 hari kemudian tambahkan lagi airnya hingga mencapai 80-90 cm.

2.Pilih bibit unggul

Anda harus memilih bibit yang unggul ketika akan melakukan budidaya iakan lele. Bibit lele unggulan biasanya ditandai dengan gerakannya yang agresif dan gesit ketika diberi makan dan warnana lebi terang.

3.Penebaran bibit

Sebelum bibit ditebar, harus dipisahkan terlebih dahulu ikan lele yang berukuran besar dan yang kecil. Tujuannya dalam budidaya ikan lele ini, agar menghindari ikan yang saling memakan. Karena ikan lele memiliki sifat kanibal.

4.Pemeliharaan ikan lele

Ada yang harus diperhatikan dalam usaha budidaya ikan lele yaitu kualitas kolam, keadaan kolam, serta pemberian pakan.

5.Panen ikan lele

Setelah ikan lele berusia 90 hari dari masa tebar bibit maka ikan lele siap di panen. Pastikan ketika mengambil ikan lele harus menggunakan sarung tangan atau bisa juga dengan jaring atau serokan.

Nah itu dia beberapa cara budidaya ikan lele. Bagaimana? Cukup mudah buka? Semoga berhasil anda coba di rumah ya.