Pada artikel kali ini dengan topik resep bumbu gudeg Jogja, makanan ini memang memiliki keunikan dan cita rasa tersendiri. Berbicara tentang masakan, yang satu ini tidak luput dengan rasa yang khas, rasa manis dari makanan ini adalah salah satu pilihan yang harus Anda cicipi saat berlibur ke Yogyakarta. Ingin tahu cara membuat bumbu hangat Jogja, mari kita simak artikel berikut.

Agar lebih enak, resep masakan hangat Jogja lebih baik jika dimakan dengan opor ayam putih, sambal goreng krecek dan sebagainya. Jika teman sejati tinggal di Jogja dan sekitarnya, mungkin lebih mudah dan lebih praktis untuk membeli makanan ini daripada membuatnya.

Namun bagi teman-teman yang tinggal di luar kota Jogja dan kebetulan melewatkan masakan nangka muda ini, tentu saja cara terbaik untuk mengobatinya adalah dengan menghangatkan selera Jogja sendiri di rumah. Jangan khawatir, cara membuat hangat sebenarnya cukup sederhana. Bahan-bahannya mudah didapat di pasar tradisional di sekitar rumah kita.

Resep Bumbu Jogja

Makanan spesial dengan resep hangat Jogja ini sangat lezat bila dipadukan dengan sambal goreng krecek dan opor ayam tahu. Tidakkah cukup mudah untuk memproses makanan yang satu ini dengan resep hangat khas Jogja? Bahan-bahan yang dibutuhkan bukanlah bahan-bahan yang harus diperoleh atau ditemukan di Yogja, salah satunya adalah kelapa murni agar menghasilkan rasa hangat yang enak dan lezat. Anda dapat menemukannya di daerah Anda dan mulai mencoba berlatih resep berikut

Bahan dan Bumbu

  •     2 sendok makan garam
  •     Kemiri memanggang 10 butir
  •     Ketumbar panggang 1 sendok teh
  •     Bawang merah 15 poin
  •     10 butir bawang putih (bisa menggunakan mesin pengupas bawang)
  •     Merica bubuk setengah sendok teh
  •     Nangka muda sekitar 1 kg
  •     Santan 2 liter
  •     1 liter air kelapa (kupas menggunakan mesin pengupas sabut kelapa)
  •     Irisan lengkuas memanjang
  •     5 daun salam
  •     Telur rebus (sesuai selera Anda)
  •     200 gram gula aren

Cara membuat Gudeg Jogja hangat

  1.     Cuci nangka yang sudah Anda siapkan sebelumnya, lalu potong dadu.
  2. Rebus nangka beberapa menit kemudian tiriskan.
  3. Lalu masukkan telur rebus, gula aren, dan nangka yang sudah dipotong-potong ke dalam wajan. 
  4. Sebelumnya, Anda perlu memberikan alas ke loyang dengan porsi daun salam yang disiapkan sebelumnya, sementara di atasnya diletakkan irisan lengkuas.
  5. Blender rempah-rempah lalu campur dengan setengah air kelapa. Kemudian aduk rata dan tuang dalam wajan.
  6. Tambahkan air kelapa yang tidak tercampur sampai semua telur dan nangka terendam lalu tutupi wajan.
  7. Masak selama sekitar 2 jam menggunakan api sedang tanpa membuka tutupnya
  8. Jika airnya menyusut, sisihkan, dan buang telur
  9. Tuang santan dan aduk sambil memecahkan pecahan nangka. Telur-telur ditambahkan lagi sampai sedikit terendam dengan nangka.
  10. Kemudian masak lagi sekitar 3 hingga 4 jam menggunakan api kecil, aduk perlahan.
  11. Jika santan telah habis dan dianggap berwarna cokelat kemerahan, berarti hangat yang Anda buat sudah matang.

Manfaat Gudeg Jogja

1. Pertahankan energi dan stamina

Sifat hangat pertama dapat membantu menjaga energi dan stamina. Kandungan karbohidrat dalam makanan ini sangat penting untuk menjaga energi dan stamina dalam tubuh. Karenanya, Anda bisa rutin mengonsumsi makanan ini.

2. Menghangatkan tubuh

Kandungan lemak dalam hangat sangat berguna untuk menghangatkan tubuh sehingga, makanan ini sangat cocok dikonsumsi saat cuaca dingin. Selain itu, jika Anda sering mengonsumsi makanan ini, tubuh Anda akan selalu terasa hangat.

3. Baik untuk pertumbuhan

Hangat memiliki kandungan asam amino yang sangat baik untuk pertumbuhan. Terutama pada usia anak-anak yang masih membutuhkan proses pertumbuhan dan perkembangan, makanan ini dapat dikonsumsi sebagai menu pelengkap yang baik untuk proses pertumbuhan. Mengkonsumsinya dengan rajin akan membantu proses pertumbuhan Anda dengan benar.

4. Mengatasi gangguan pencernaan

Makanan ini juga berguna untuk mengatasi gangguan pencernaan. Kandungan fosfor di dalamnya akan membantu proses pencernaan berjalan lancar dan bekerja secara efektif. Karena itu, Anda bisa mengkonsumsinya untuk kesehatan pencernaan Anda.

5. Pertahankan kekuatan tulang dan gigi

Mempertahankan kekuatan tulang dan gigi sangat penting. Untuk itu Anda bisa melakukannya dengan cara, konsumsilah makanan ini secara rutin. Kandungan yang terkandung dalam hangat terbukti mampu mempertahankan pertumbuhan dan pemeliharaan tulang dan gigi.

6. Memperbaiki sel-sel tubuh

Hangatnya juga sangat bergizi untuk memperbaiki sel-sel tubuh. Kandungan fosfor yang terkandung di dalamnya akan bermanfaat untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, sehingga sel-sel tubuh akan tumbuh dan bekerja dengan baik.

7. Membantu fungsi ginjal

Manfaat hangat lainnya juga dapat membantu fungsi ginjal. Kandungan fosfor di dalamnya sangat penting untuk menjaga kesehatan ginjal. Karena itu, jika Anda ingin ginjal berfungsi dengan baik, Anda harus mengonsumsi makanan ini sebagai menu makanan pokok.

Demikian tadi resep bumbu gudeg jogja dan beberapa manfaatnya, semoga bermanfaat untuk Anda. Sekian dan terima kasih.