Jelaskan Pengertian Prestasi Kerja Pegawai! Inilah Penjelasannya serta Pengaruhnya Terhadap Gaji – Beberapa perusahaan tentunya menerapkan sistem pembayaran atau pengupahan yang berbeda antara satu dan yang lainnya. Hal ini memang bergantung dari kebijakan perusahaan itu sendiri, apalagi perusahaan swasta yang memang mempunyai kekuasaan dan kewenangan tersendiri seperti yang di ulas oleh Chokingman.

Prestasi Kerja Pegawai

Nah, bayaran atau imbalan atas jasa maupun hasil kerja para pekerja ini biasanya disebut sebagai kompensasi. Kompensasi ini sendiri dibagi menjadi beberapa macam, ada yang disebut dengan gaji, upah, dan insentif. Loh memang apa perbedaannya? Ya jelas berbeda. Kalau gaji itu imbalan finansial yang diberikan kepada pegawai secara teratur, seperti tahunan, bulanan, atau mingguan.

Sedangkan, upah adalah sebutan untuk imbalan finansial yang dibayarkan kepada pegawai yang diberikan berdasarkan kapabilitas pekerjanya. Sehingga, upah ini jumlahnya relatif akan berubah-ubah, berbeda dengan gaji. Kemudian,jenis kompensasi yang terakhir adalah insentif.

Nah, berbeda dari kedua jenis kompensasi lainnya, insentif ini diberikan kepada pekerja apabila kinerja pegawai itu melebih standar yang telah ditentukan. Sehingga, tidak semua pekerja akan mendapatkan insentif karena kebijakan pemberian insentif ini berdasarkan dari prestasi kerja pegawai.

Dengan prestasi yang Anda ciptakan ini, akan berdampak baik dengan menambah pundi-pundi pendapatan Anda dalam bekerja. Lalu sebenarnya apa sih yang disebut prestasi kerja itu? Nah, disini akan kami jelaskan pengertian prestasi kerja pegawai agar Anda bisa membedakan antara pekerjaan yang merupakan suatu kewajiban dan pekerjaan yang terhitung sebagai prestasi.

Yang pertama, Anda harus memahami terlebih dahulu arti dari prestasi itu sendiri. Prestasi dapat diartikan sebagai suatu hasil dari tindakan seseorang dalam melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya dengan hasil akhirnya bersifat positif dan tentunya memuaskan.

Nah, itu baru definisi dari kata prestasi saja, sslanjutnya kita jelaskan pengertian prestasi kerja pegawai yang harus Anda cermati dengan seksama. Menurut penuturan para ahli, ada yang menyebutkan bahwa prestasi kerja pegawai adalah suatu hasil kerja yang digapai oleh seseorang yang telah melakukan tugas-tugas yang dibebankan kepada dirinya.

Namun, ada juga yang berpendapat bahwa prestasi kerja itu ditinjau dari dua aspek, yaitu aspek kuantitas dan aspek kualitas. Aspek kuantitas ini mengacu pada hasil, dimana dapat dinilai dari banyaknya barang yang dihasilkan atau jasa yang telah dilakukan oleh pegawai dalam kurun waktu tertentu.

Kemudian, aspek peninjauan prestasi kerja yang kedua yaitu dari aspek kualitas. Artinya dilihat dan dinilai dari seberapa bagusnya dan seberapa sempurnanya hasil kerja yang dihasilkan oleh pegawai tadi. Ketika, barang yang dihasilkan berjumlah banyak, namun kualitasnya tidak baik, maka tidak bisa dikategorikan sebagai hasil kerja yang berprestasi, dan begitu pula sebaliknya.

Kemudian, ada salah satu ahli yang bernama Hasibuan menyebutkan bahwa prestasi kerja pegawai ini bukan hanya dilihat dari hasil kinerja pengerjaan tugas yang dibebankan kepadanya saja, melainkan juga ditinjau dari kecakapan, kesungguhan, dan keefisienan waktu yang digunakannya selama bekerja.

Dari beberapa pendapat para ahli yang telah kita sebutkan, ternyata yang pantas disebut sebagai prestasi kerja pegawai itu bukan hanya dari penyelesaian tuga yang dibebankannya saja. Melainkan, ada hal-hal lain yang turut menjadi poin dalam pelabelan “prestasi kerja pegawai” ini. Kalau begitu, mari kita lanjut jelaskan pengertian prestasi kerja pegawailagi berdasarkan pandangan ahli yang lainnya.

Menurut Sutrisno, prestasi kerja ini lebih kompleks lagi, karena bukan hanya bertanggung jawab melakukan aktivitas kerja sesuai beban yang diberikan. Namun, juga berupa hasil yang didapatkan dari inisiatifnya seorang pegawai, kecekatan seorang pegawai, kedisiplinan, pengetahuan yang luas, serta absensi pegawainya. Nah, itulah beberapa definisi dari prestasi kerja pegawai yang harus Anda pahami.